Selasa, 11 Oktober 2016

AMAZON.COM


Profil Perusahaan


Pendiri : Jeffrey P. Bezos
Tokoh penting : Jeffrey P. Bezos (sebagai Ketua EO sekaligus Presiden perusahaan) 
Website : Amazon.com
Kaegori : E-Commerce
Alamat kantor : Seattle, WA, Amerika Serikat
Telepon : (206) 266-1000
Didirikan : 1994,tapi baru diluncurkan tahun 1995
Jenis industri : Retail (Eceran)
Jumlah karyawan: 14.000 di seluruh dunia
Promosi / iklan : web banner dan video
Jangkauan : Worldwide

Visi, Misi dan Tujuan

Visi dan Misi
Sebagai perusahaan yang paling customer-centric, pelanggan dapat temukan apapun yang mereka ingin dengan mudah melalui pembelian online, dan harga yang rendah.

Tujuan
Tujuan Amazon.com, adalah tidak untuk menjadi toko buku terbesar di dunia, tetapi toko serba ada terbesar di dunia.

Motto 

The company motto, ‘Work Hard, Have Fun, and Make History’.

Sejarah dan Perkembangan 

1. Awal berdirinya perusahaan
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bozes dan mulai dipublikasikan untuk khalayak umum satu tahun kemudian yaitu tahun 1995. Bozes pada mulanya bekerja di De Shaw&CO memutuskan untuk membuat perusahaannya sendiri. Pada mulanya nama dari perusahaan toko online ini adalah ‘Cadabra’ dan pertama rilis tanggal 5 Juli tahun 1994. Setelah dipikirkan kembali barulah pada tahun 1995 namanya berubah. Penggantian nama ini dikarenakan nama yang awal terdengar sangat mengerikan dan kurang menjual. Dengan penggantian nama menjadi amazon.com terasa lebih istimewa dan tentunya akan mudah dicari karena dengan awalan A maka akan berada dalam daftar paling atas sendiri. Selain itu, dia juga ingin perusahaan yang dibangunnya menjadi besar seperti sungai terpanjang dan eksotis yang ada di Amerika.

2. Perkembangan awal perusahaan
Perusahaan toko online yang berkantor si Seattle, Washington, Amerika Serikat ini dibangun berdasarkan analisis yang sangat mendalam. Bozes melihat peluang yang sangat besar sekali dengan perkembangan dunia internet yang akan terjadi di masa mendatang. Dan terbukti sekarang perusahaannya sudah sangat berkembang pesat. Pada awalnya, Bozes merinci ada 20 daftar nama barang yang akan dipasarkannya tapi kemudian dipersempit menjadi 5 saja yang akan dipasarkan dan dianggap sangat menguntungkan. Kelima produk tersebut yaitu buku, software komputer, video, hardware komputer, dan compact disc. Dari lima daftar ini akhirnya Bozes memutuskan untuk menjual buku secara online pada mulanya. Pada awal penjualan di amazon.com berupa buku ini mengalami perkembangan yang pesat karena ketika itu permintaan buka sangat banyak.
3. Investor awal dan perkembangannya
Awal perkembangan Amazon ini, banyak investor yang membeli saham disini. Tapi sayangnya, empat tahun pertama perkembangan Amazon dinilai sangat lambat pertumbuhannya sehingga banyak investor yang mengeluh dan menjual sahamnya. Bahkan, diawal abad 21 banyak toko online yang ditutup dan salah satu yang hampir terkena imbasnya adalah perusahaan Bozes ini. Tapi untungnya, perusahaan ini masih selamat dan bisa berkembang kembali. Setelah krisis di awal abad 21, perusahaan semakin bangkit dan menghasilkan banyak keuntungan yang menjanjikan. Bahkan, perusahaan ini mengklaim bahwa dirinya lah yang mempopulerkan untuk masyarakat berbelanja secara online.
4. Masalah yang dihadapi
Selama membangun perusahaan toko online ini tentunya Bozes tidak lepas dari masalah yang dihadapi. Banyak sekali masalah yang dialami oleh Amazon.com selama perkembangannya sampai sekarang. Masalah yang paling menonjol adalah ketika Bozes dituntut oleh Walmart pada tahun 1998. Walmart menggugat bahwa Bozes telah mencuri rahasia perdagangannya karena mempeerjakan karyawan dari Walmart. Namun, tuntutan ini tidak sampai ke pengadilan dan bisa diselesaikan dengan cara damai diluar pengadilan.


                                                               Layanan yang Tersedia

Di Amazon.com banyak sekali layanan yang diberikan oleh pelanggannya dari mulai pelayanan berupa jual bei barang elektronik sampai pelayanan penjualan untuk bahan-bahan yang cepat busuk. Sebagai salah satu toko online terbesar yang ada di dunia, Amazon menawarkan layanan diantaranya penjualan barang retail, software dan lisensi untuk semua perangkat, konten digital, permainan & barang yang bernilai seni juga dijual di situs ini. Tidak hanya itu, banyak sekali layanan yang diberikan untuk membuat para penggila belanja online yang diberikan telah disebutkan diatas.

1. Penjualan barang retail
Sesuai dengan konsep, awalnya perusahaan ini menjual berbagai barang retail secara online. Ada banyak barang yang dijual. Dari mulai buku, peralatan rumah tangga, barang elektronik, bahkan semua kebutuhan yang Anda perlukan ada di toko ini. Pada awalnya, perusahaan masih belum menjual barang yang cepat busuk seperti sayur atau buah tapi sekarang sudah memberikan layanan tersebut untuk daerah tertentu saja khusus yang dekat dengan pengiriman barang.
2. Software untuk semua perangkat
Amazon.com tidak hanya bisa di akses dengan menggunakan komputer saja, sebab sekarang sudah bisa diakses dengan menggunakan berbagai elektronik yang canggih seperti handphone dan juga tablet. Jadi, para penggunanya bisa dengan mudah mengakses dan memesan dengan menggunakan perangkat yang dimilikinya.

3. Konten digital

Selain menjual berupa produk-produk fisik perusahaan ini juga menjual berbagai konten digital yang bisa didownload langsung dan dibayar dengan menggunakan pulsa ataupun via transfer. Konten-konten ini berupa e-book, musik, dan berbagai konten digital lainnya untuk komputer ataupun handphone. Harga yang ditawarkan untuk konten-konten ini sangat bervariasi, bahkan ada yang gratis dan juga dengan diskon yang sangat besar.
4. Amazon game
Fitur ini memberikan kemudahan untuk Anda penggila game, baik game komputer ataupun gadget. Perusahaan ini mengembangkan game untuk semua sistem seperti windows, android, Mac dan juga Kindle Fire. Zona game yang diberikan ini sangat inovatif dan juga menyenangkan. Semua game yang dijual disini hasil dari pengembangan para ahli gamer yang bekerja di perusahaan ini.
5. Amazon Art
Pada bulan Agustus 2013 perusahaan ini meluncurkan pasar online seni. Pasar ini menjual berbagai karya seni asli dan juga terbatas dari berbagai galeri yang terpilih. Awalnya hanya ada 40 ribu item saja yang ada tapi sekarang sudah berkembang semakin banyak.

Strategi Perusahaan


1. Strategi pemasaran
- Dirancang untuk meningkatkan lalu lintas pelanggan pada website perusahaan untuk mempromosikan pembelian berulang, untuk membangu kesadaran produk dan layanan yang tersedia dan untuk memperkuat Amazon nama merk Amazon.com menggunakan e-mail kampanye, iklan portal dan disponsori pencarian sebagai sarana utama mereka dari iklan.
- Promosi khusus/spesial selama periode-periode tertentu, selama periode promosi tersebut perusahaan dapat menjual barang lebih murah dari harga normalnya.
- Pemasaran produknya melalui program asosiasi mereka dimana mereka kontrak dengan situs web untuk mengarahkan pelanggan ke website Amazon untuk membeli produk.
- Excellent customer service yang merupakan strategi pemasaran essential. Artinya manajer perusahaan memiliki fokus untuk inovasi berkelanjutan menyediakan kenyamanan bagi pelanggan. Secara khusus tim manajemen berusaha memastikan kecepatan dan pemenuhan janji bagi pelanggannya, customer service yang efisien dan fungsionalitas yang mudah dipakai untuk digunakan serta kondisio online yang dapat dipercaya.

Strategi e-commerce dari Amazon.com adalah fokus pada usaha-usaha pengembangan inovasi dengan menciptakan dan memantapkan kemampuan software yang dimiliki dengan cara membeli lisensi atau dengan cara memperoleh teknologi pengembangan aplikasi-aplikasi lain secara komersial jika dibutuhkan.


Identifikasi kekuatan dan kelemahan Amazon.com secara internal :

1. Bagian pemasaran 
(+) Amazon.com sudah mempunyai merek yan terkenal dan terpercaya
      Strategi pemasaran yang bagus
      Harga produk yang lebih murah dibandingkan pesaing yang lainnya.

(-)  Pada bagian pemasaran ini tidak terdapat kelemahan.


2. Strategi distribusi
Amazon.com menyewa kantor pusat perusahaan di Seattle, WA. Fasilitas lain seperti pemenuhan dan pusat gudang dan kantor layanan terletak keluar melalui AS (primarily California, Delaware, Florida, Kansas, Kentucky, Nevada, North Dakota, Pennsylavia, South Carolina, Texas, Virginia, Washington, West Virginia, dan Wisconsin).Straterg perusahaan adalah utuk memfouskan upaya pembangunan pada inovasi dengan menciptakan dan meningkatkan perangkat lunak berpemilik dan oleh lisensi atau memperoleh teknologi yang dikembangkan secara komersial untuk aplikasi lain ketika itu dibutuhkan.

3. Strategi TI
Pada tahun 1995 Amazon.com membuka situs e-commerce yang mana menjual barang melalui internet dan memanfaatkan teknologi internet untuk mmbangun customer database dan berkomunikasi dengan para pelanggannya. 

Kesimpulan

Semakin berkembangnya zaman, mengakibatkan perkembangan teknologi yang semakin meningkat pula. Contohnya adalah internet. Dari internet nilah muncul suatu inovasi baru dalam bidang bisnis online. Semakin berkembangnya bisnis online ini menjawab kebutuhan masyarakat masa kini yang memiliki waktu yang minimum untuk berbelanja secara konvensional. Amazon.com adalah perusahaan online besar yang memanfaatkan dengan baik keadaan ini. Amazon.com telah melakukan berbagai usaha untuk memberikan pelayanan yan terbaik dan memberikan harga yang terjank\gkau. Namun, strategi free shipping bagi member perlu dipertimbangkan lagi terutama bila bisnis ini terus berkembang.


Sumber :

http://strategik.fe.uns.ac.id/wp-content/uploads/2009/06/amazoncom-analisis-kasus-kel- a.pdf 
http://doktormarketing.com/wp-content/uploads/2010/06/SWOT-analysis-of-AMAZON- and-e-bay.pdf 

di


0 komentar:

Posting Komentar